Benjolan Putih di Tenggorokan, Apakah Itu?

0
Beberapa orang memiliki bau mulut. Gejala ini sering disertai dengan benjolan putih didekat di amandel, yang kadang-kadang menyakitkan, tetapi datang dan pergi berulang kali. Meskipun dapat mengganggu, kondisi ini tidak berbahaya dan umum di kalangan orang dewasa muda.




Dalam kebanyakan kasus, benjolan putih di tenggorokan Anda sebenarnya tonsilloliths, atau batu tonsil mana bakteri dan sisa makanan yang menenmpel dimulut menyebabkan bau busuk di mulut atau tenggorokan.

Penyebab dan Gejala

Tonsilloliths adalah batu amandel. Meskipun tidak berbahaya, mereka bisa menjadi cukup besar untuk dilihat sebagai potongan putih di tenggorokan atau tonsil, dan menyebabkan gejala mengganggu seperti:
  1. kesulitan napas
  2. Kesulitan dalam menelan
  3. Sakit tenggorokan
  4. Pembengkakan amandel
  5. Sakit telinga
Tonsilloliths berulang dari tonsilitis atau radang amandel kronis, meskipun penyebab sebenarnya belum diketahui. Tonsilitis adalah peradangan pada amandel yang sering terjadi karena infeksi virus atau bakteri. Ini adalah umum di antara anak-anak usia 3-7,  terjadi berulang kali sampai mereka lebih tua.

Tonsilloliths bisa terbentuk di celah-celah kecil di permukaan amandel di mana bakteri dan puing-puing lainnya dapat menghasilkan bau busuk. Mereka kapur dan mengeras, membentuk "batu" yang mungkin menjadi cukup besar. Banyak orang trekena benjolan putih sebagai orang dewasa muda dan kondisi tersebut terus berlangsung sampai dewasa.

Selain batu amandel, hal putih yang ditemukan di tenggorokan juga bisa disebabkan oleh:

  • Pasang drip hidung - karena sinusitis kronis, yang menghasilkan, keputihan tebal untuk lendir kekuningan di bagian belakang tenggorokan, juga menyebabkan bau mulut dan batuk biasanya terjadi di pagi hari.
  • Peritonsillar abses - suatu kondisi hasil dari tonsilitis akut yang tidak diobati atau dirawat, sehingga pengumpulan nanah dalam satu amandel, sakit tenggorokan, demam, dan sakit leher.
  • Thrush - infeksi jamur pada mulut yang mungkin termasuk tenggorokan dan amandel. Anda dapat melihat bercak putih di pipi bagian dalam lidah, gusi, dan amandel yang dapat menyebabkan rasa sakit dan indera perasa.

Cara menghilangkan benjolan putih di tenggorokan

Sementara batu amandel tidak berbahaya tetapi menyebabkan gejala mengganggu dan memalukan. Banyak orang bertanya-tanya apa yang bisa dilakukan tentang mereka. Mereka diperlakukan tergantung pada ukuran dan potensi untuk menghasilkan gejala.

  1. Batu tonsil kecil dapat diobati, karena mereka tidak menimbulkan bahaya yang serius.
  2. Sebagian orang memilih untuk menghapusnya di rumah sendiri, dengan menggunakan tusuk gigi atau penyeka kapas panjang.
  3. Anda dapat mencoba berkumur dengan air garam hangat untuk membantu meringankan ketidaknyamanan dari tonsilitis, yang sering menyertai batu amandel.
  4. Anda dapat mengambil antibiotik untuk tonsilitis dan untuk bakteri di tonsilloliths, meskipun ini tidak akan menghapus batu amandel.
  5. Amandel batu bahkan dapat diangkat melalui pembedahan jika mereka cukup besar untuk menimbulkan gejala yang merugikan, seperti kesulitan menelan dan sakit telinga. Prosedur sederhana dapat dilakukan dengan anestesi.
  6. Beberapa dokter mungkin merekomendasikan penghapusan amandel jika peradangan kronis bermasalah. Ini benar-benar akan menghilangkan pembentukan batu amandel.
Jika hal putih di tenggorokan Anda tidak tonsilloliths, mereka mungkin karena infeksi lain seperti abses Peritonsillar, sariawan, atau sinusitis kronis. Anda mungkin perlu mencari saran medis dan pengobatan antibiotik untuk kondisi ini.

Pengalaman dari Pasien lain

Berikut adalah pengalaman beberapa orang dengan benjolan putih di tenggorokan mereka:
  • Anakku tertua memiliki bola-bola putih kecil di bagian belakang tenggorokannya yang memiliki bau tidak sedap.
  • Saya telah mencoba untuk menemukan apa hal-hal ini, dan baru-baru menemukan beberapa informasi. Bakteri tumbuh pada amandel karena beberapa jaringan mati terakumulasi di celah-celah amandel. Pilihan terbaik adalah berkumur dengan air garam sering untuk membunuh bakteri, meskipun belum smebuh total. Saya mencoba untuk melakukannya, tetapi akhirnya mendapatkan amandel tender. Saya mendengar bahwa solusi permanen untuk masalah ini adalah  operasi amandel.
  • Saya telah memiliki hal-hal putih di tenggorokan saya selama bertahun-tahun. Mereka keluar dari tenggorokanku ke dalam mulut saya pada waktu nyaman! Dokter saya melihat tenggorokan saya dan mengatakan itu mungkin hanya lendir. Saya tahu itu tidak benar karena dari bau dan tekstur benjolan putih. Untuk menghentikannya saya mulai meludah mereka keluar setelah menggosok gigi setiap malam.
Meskipun hal putih di tenggorokan membuat Anda merasa tidak nyaman, mereka tidak berbahaya bagi kesehatan Anda. Untuk meredakan bau mulut itu adalah  dengan berkumur air garam, yang dapat membantu membersihkan bakteri. Anda juga dapat dengan mudah mengusir mereka dari tenggorokan Anda dengan kapas (bukan tusuk gigi yang bisa melukai). Jika tidak, jika batu tonsil menjadi terlalu besar Anda mungkin ingin berkonsultasi dengan dokter Anda untuk menghilangkannya.

Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: