Penyebab Gangguan Keseimbangan Tubuh

0

Banyak orang menderita gangguan kehilangan keseimbangan, pusing, atau goyah. gangguan keseimbangan adalah suatu kondisi di mana berasa berputar, bergerak, atau mengambang bahkan jika seseorang hanya berbaring atau berdiri. Hal ini dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Ini mungkin terjadi sebentar atau dapat bertahan untuk waktu yang lama. Kadang-kadang dikaitkan dengan gejala lain, seperti mual, telinga berdenging, atau pingsan. Gejala ini bisa sangat mengkhawatirkan, sehingga orang mungkin mengalami kecemasan, dan panik.



Sebuah gangguan keseimbangan dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan atau masalah otak atau telinga bagian dalam, atau obat.

Penyebab Gangguan Keseimbangan: Telinga bagian dalam, otak, dll

Tubuh mempertahankan keseimbangan gabungan dari sistem tubuh yang berbeda, termasuk mata, telinga bagian dalam, reseptor proprioseptif, dan otak. Setiap kondisi yang mempengaruhi satu atau lebih ini dapat menyebabkan gangguan keseimbangan atau perasaan kehilangan keseimbangan.

Penyebab yang berhubungan dengan Telinga

Vertigo, atau perasaan berputar, dapat disebabkan oleh gangguan pada telinga bagian dalam. Ini bagian dari sistem keseimbangan menginformasikan otak tentang perubahan gerakan kepala Anda terkait dengan gravitasi. Ketika sistem ini dipengaruhi, vertigo, pusing, mual, dan muntah.

Penyebab vertigo yang berhubungan dengan telinga bagian dalam meliputi:

Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV) adalah karena partikel kecil yang terletak di telinga bagian dalam, menghambat fungsi normal. Pusing dapat terjadi tiba-tiba ketika Anda memindahkan kepala Anda dari tempat tidur. Ini dapat kambuh selama bertahun-tahun jika tidak diobati.

Infeksi telinga bagian dalam atau labyrinthitis bisa disebabkan oleh virus atau infeksi bakteri yang menyebabkan peradangan. Hal ini menyebabkan vertigo, dering di telinga (tinnitus), mual, muntah, dan gangguan pendengaran. Orang dengan kondisi ini sering mengalami kecemasan dan panik. Pengobatan mungkin termasuk obat seperti prochloperazine dan terapi rehabilitasi vestibular (VRT).

Penyakit Meniere adalah suatu kondisi di mana Anda mengalami vertigo, mual dan muntah, kehilangan pendengaran unilateral atau bilateral, tinnitus, dan gangguan pendengara. Gejala-gejala ini biasanya terjadi berurutan dan vertigo dapat berlangsung selama berjam-jam. Untuk meringankan gejala, Anda harus mengkonsumsi makanan yang rendah garam dan menghindari merokok dan konsumsi alkohol.

Fistula perilimfe melibatkan kebocoran cairan dari telinga bagian dalam ke telinga tengah, yang mungkin disebabkan oleh trauma, perubahan tekanan telinga, infeksi telinga kronis, operasi telinga, atau aktivitas fisik. Selain pusing, seseorang dapat mengalami goyah saat berdiri atau berjalan, yang diperparah oleh aktivitas fisik.

Penyebab Yang Terkait Dengan Otak

Kondisi di otak juga dapat dihubungkan dengan vertigo:

Perubahan usia-terkait atau degeneratif dalam fungsi keseimbangan merupakan salah satu penyebab paling umum dari gangguan keseimbangan yang ditandai dengan vertigo. Namun, ini mungkin karena penyebab lain yang berkaitan dengan penuaan seperti arteriosklerosis, yang merupakan pengerasan dan penyempitan pembuluh darah yang memasok darah ke otak. Sebuah stroke, yang disebabkan oleh gangguan aliran darah ke otak, juga dapat menyebabkan pusing dan kehilangan keseimbangan. Perubahan-perubahan degeneratif dapat dihubungkan dengan kelemahan dan kesulitan dalam berdiri dan berjalan.

Trauma pada kepala merupakan penyebab lain kemungkinan pusing dan kehilangan fungsi telinga bagian dalam. Tergantung pada lokasi trauma, orang mungkin mengalami sakit kepala, dering di telinga, mual, dan muntah. Konsultasi medis diperlukan untuk mendiagnosa dan mengobati patah tulang tengkorak  dan gegar otak.

Infeksi yang melibatkan otak seperti meningitis, ensefalitis, abses otak dan dapat menyebabkan pusing. Ini juga dapat menyebabkan demam, mual, muntah, nystagmus, dan penglihatan kabur.

Meningitis melibatkan peradangan pada otak dan dapat menyebabkan leher kaku dan ketidakmampuan untuk mentoleransi cahaya atau suara keras. Dengan ensefalitis, ada peradangan pada otak yang juga dapat menyebabkan kejang-kejang, tremor, dan halusinasi. Sebuah abses otak bisa terjadi akibat infeksi di telinga, sinus, atau bagian lain dari tubuh. Selain pusing, mual, dan muntah, Anda mungkin mengalami sakit kepala, kebingungan, mengantuk, kejang, dan kelemahan. Konsultasi medis diperlukan untuk mendiagnosa dan mengobati masalah.

Migren bisa menyebabkan vertigo dan dikenal sebagai migrain atau vertigo vestibular migren. Gejala meliputi episode vertigo, sakit kepala migren yang khas, ketidakmampuan untuk mentoleransi cahaya atau suara, dan mengalami aura visual atau non-visual.

Mabuk perjalanan terjadi ketika salah satu perjalanan dalam kendaraan (mobil / perahu / pesawat) terasa , pusing, dan mual. agar fresh dan tidak mual minum obat seperti Dramamine dan coba melihat keluar jendela saat bepergian.

Penyebab lainnya

Kondisi-kondisi lain seperti tekanan darah rendah, diabetes, dan asupan berbagai obat dapat menyebabkan kehilangan keseimbangan.

Tekanan darah rendah sering dapat terjadi dengan gejala umum seperti pusing dan goyah. Penurunan tekanan darah dapat mengakibatkan kurangnya aliran darah ke otak. Ini dapat terjadi karena perdarahan, masalah tiroid, infeksi, atau alergi. Perhatian medis dilakukan untuk mendiagnosa penyebab tertentu sebelum pengobatan diberikan. Diet yang tepat, perubahan gaya hidup, dan obat-obatan dapat membantu menormalkan tekanan darah.

Neuropati diabetik atau kerusakan saraf yang berhubungan dengan diabetes terjadi karena peningkatan kronis pada kadar gula darah. Gejala meliputi tekanan darah rendah, kehilangan keseimbangan saat berdiri tiba-tiba, dan pusing. Diagnosis tergantung pada kadar gula darah dan evaluasi klinis. Pengobatan bertujuan untuk menurunkan kadar glukosa darah, mengambil diet yang tepat, obat diabetes, olahraga teratur, dan pemantauan gula darah.

Obat-obatan seperti yang digunakan untuk tekanan darah tinggi, obat penenang, dan antihistamin dapat menyebabkan efek samping seperti pusing dan kehilangan keseimbangan. Kadang-kadang hal ini dikaitkan dengan mengantuk, mual, dan muntah. hal ini sangat mengganggu keapda aktifitas sehari-hari.

Rekomendasi

Ada banyak kemungkinan penyebab dari gangguan keseimbangan. Jika Anda berpikir bahwa itu adalah akibat kecil, seperti mabuk, Anda dapat mencoba salah satu solusi yang disarankan, seperti menghindari perjalanan atau duduk di samping jendela. Jika tidak, Anda mungkin perlu pergi ke dokter untuk mendiagnosa, dan pengobatan. Misalnya, jika penyebab vertigo dan gejala yang menyertainya adalah infeksi, maka Anda mungkin perlu resep untuk antibiotik.

Dalam kebanyakan kasus gangguan keseimbangan yang berhubungan dengan masalah telinga bagian dalam, latihan rehabilitasi vestibular yang digunakan untuk mengobati gejala yang terkait. Ini adalah latihan sederhana yang menggabungkan kepala, mata, dan latihan tubuh untuk mengurangi pusing dan mual. Seorang terapis dapat membantu Anda melakukan hal ini di rumah.

Untuk mencegah dari pusing, memakai sepatu hak rendah , menggunakan tongkat, atau jika perlu, alat bantu. Tanyakan kepada dokter Anda apakah aman bagi Anda untuk mengemudi.


Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: