Monday, March 25, 2013

Sakit / Nyeri Telinga Bisa Disebabkan Penyakit Berat

Telinga sakit atau otalgia adalah keluhan umum. khusus dari nyeri telinga adalah sebagian besar penyebab sakit telinga terletak di telinga dalam. Dalam kasus yang terjadi, sakit telinga atau disebut sakit telinga sekunder, dan mungkin memiliki banyak penyebab karena innervations kompleks telinga. Selain itu, tingkat keparahan rasa sakit tidak ada hubungannya dengan kondisi, untuk misalnya telinga nyeri akibat kanker. sakit telinga yang penyebabnya terletak di telinga itu sendiri disebut sebagai otalgia utama. Penyebab sakit telinga primer sering terlihat selama pemeriksaan telinga.



Seperti halnya dengan gejala lainnya, pengobatan sering didikte oleh penyebab gejala. Pengelolaan nyeri telinga melibatkan mencari penyebabnya (jika mungkin) dan kemudian menyembuhkannya. Ketika penyebab sakit telinga terletak dalam telinga itu sendiri, lebih mudah untuk mengidentifikasi penyebab dan mengobatinya. Dalam kasus di mana penyebabnya tidak jelas, evaluasi rinci lebih lanjut sering diperlukan. Fokus utama adalah untuk menyingkirkan "bahaya" kondisi pertama (orang yang dapat memiliki komplikasi serius jika diagnosis tidak terjawab atau tertunda) dan kemudian melangkah lebih jauh. Seringkali dalam persentase yang signifikan dari kasus tersebut, penyebab rasa sakit telinga tidak dapat ditemukan (yang "idiopathic" otalgia), dan diperlakukan oleh percobaan pengobatan simtomatik tergantung pada indeks kecurigaan untuk berbagai kondisi. Untuk mis NSAID dapat diadili jika TMJ (Temporomandibular sendi) sindrom lebih mungkin, atau obat anti-epilepsi dapat dicoba.

Telinga Nyeri dan "Lima Bahaya"

Tumor daerah kepala, leher dan dada dapat menyebabkan sakit telinga. Rasa sakit telinga mungkin satu-satunya awalnya keluhan. Jadi evaluasi menyeluruh untuk tumor okultisme pada pasien dengan risiko tinggi untuk kanker tersebut adalah langkah yang paling penting. Orang dianggap beresiko tinggi adalah pengguna tembakau atau alkohol, mereka yang di atas 50 tahun, dan mereka yang juga memiliki berat badan atau kesulitan dalam menelan atau suara serak.

Serangan jantung dapat hadir atypically dengan sakit telinga. Mengesampingkan serangan jantung sebagai penyebab nyeri telinga adalah penting pada orang yang berisiko untuk penyakit arteri koroner.

Pasien dengan diabetes atau imunosupresi karena penyebab (terapi steroid, AIDS dll) memerlukan evaluasi hati-hati sakit telinga otitis eksterna maligna, suatu kondisi yang ditandai oleh penyebaran infeksi telinga eksternal (otitis externa) ke tulang tengkorak dan daerah sekitarnya.

Arteritis temporal merupakan kondisi serius yang dapat hadir dan nyeri telinga. Mengesampingkan arteritis temporal sebagai penyebab sakit telinga sangat penting, karena dapat menyebabkan kebutaan permanen jika pengobatan tertunda. Kondisi ini umumnya ditemukan pada orang yang usianya di atas 50 tahun dan dua pertiga dari mereka yang terkena dampak memiliki beberapa kelainan pada arteri temporal. Gejala lain yang sering hadir adalah penurunan berat badan, demam, penurunan nafsu makan dan perasaan ketidaknyamanan.

Cholesteatoma biasanya terjadi dengan tekanan telinga, Orang yang terkena biasanya juga memiliki debit telinga berbau busuk dengan kehilangan pendengaran dan vertigo. Kondisi ini berbahaya karena kista bisa membesar dan dapat mulai mengikis 'tulang' (rantai tulang pendengaran utuh) dalam telinga tengah, telinga bagian dalam dan kanal tulang untuk saraf wajah.

Penyebab paling umum dari sakit telinga primer

Infeksi telinga tengah (Otitis Media Akut) adalah salah satu penyebab paling umum sakit telinga. Hal ini lebih sering terjadi pada musim dingin dan mungkin didahului oleh flu biasa. Dingin umum itu sendiri dapat menyebabkan sakit telinga, tanpa oleh infeksi telinga tengah.

Infeksi telinga eksternal merupakan penyebab penting dari nyeri telinga. Hal ini juga dikenal sebagai "telinga perenang"  Seringkali orang yang terkena mungkin mengalami rasa sakit ketika telinga eksternal ditarik. Kondisi ini lebih sering terjadi pada musim panas.

Benda asing di liang telinga juga bisa menyebabkan sakit telinga, dan ini adalah penyebab yang sangat umum dari sakit telinga pada anak-anak. Para benda asing yang umum ditemukan adalah serangga, kertas, manik-manik dan kernel popcorn.

Luka trauma di telinga dan barotraumas dapat menyebabkan sakit telinga. Penyebab paling umum dari barotraumas adalah scuba diving.. Memiliki saluran pernapasan infeksi bersamaan atas atau rhinitis (pilek / hidung / pengap pasca-nasal) meningkatkan risiko memiliki barotraumas.

Beberapa penyebab yang kurang umum adalah myringitis (radang gendang telinga), mastoiditis (radang tulang mastoid), selulitis (peradangan pada jaringan ikat di kulit) dan chondritis (peradangan tulang rawan di telinga eksternal). Ini tidak semua penyebab otalgia primer, ada banyak penyebab langka lainnya yang kita tidak akan bahas disini.

Penyebab paling umum dari sakit telinga sekunder


Telinga menerima innervations dari enam saraf yang berbeda, dan ini penyalur saraf struktur lain banyak di kepala, leher dan dada. Rasa sakit yang timbul dari salah satu struktur dapat disebut telinga dan ini membuat penyebab benar otalgia sekunder gejala yang menakutkan. Dalam banyak kasus, penyebabnya tidak dapat ditemukan, dan mereka disebut sebagai kasus 'idiopatik'.

Sejumlah besar kasus sakit telinga disebabkan oleh penyebab gigi. Penyebab Gigi mungkin menjadi penyebab paling umum dari otalgia sekunder. Banyak kondisi gigi dapat menyebabkan sakit telinga, namun yang paling umum adalah karies, abses periodontal dan geraham ketiga yang impaksi. Seringkali penyebab gigi sakit telinga disebabkan oleh keterlibatan gigi molar.

Infeksi saluran pernapasan penyebab umum lain dari otalgia sekunder. Perhatikan bahwa infeksi saluran pernapasan atas dapat menyebabkan infeksi telinga tengah, yang merupakan penyebab utama otalgia. Umum dingin, sakit tenggorokan dan sinusitis adalah URTI paling sering ditemui menyebabkan sakit telinga sekunder.

Penyebab lain yang penting dari otalgia dimaksud adalah sindrom TMJ. Sindrom TMJ adalah karena gangguan sendi temporomandibular (sendi rahang) atau otot-otot yang terkait dengannya. Biasanya, rasa sakit di telinga terjadi kareana saat kita mengunyah. Fitur lain dari kondisi ini adalah nyeri dan krepitus (suara berderak / sensasi) ketika berbicara dan mengunyah.

Berbagai penyebab kurang umum lainnya seperti neuralgia, cervical spondylosis, sariawan, sakit maag (asam reflux disease), dll tercantum dalam tabel di atas. Daftar ini bukan daftar lengkap dengan semua kemungkinan penyebab, karena ada penyebab langka yang kami belum terdaftar dalam tabel.

Tekanan Telinga

Keluhan lain yang agak terkait dengan sakit telinga adalah tekanan telinga atau penuh. Dalam hal ini, jujur sakit telinga sering tidak ada atau minimal, tetapi orang mengalami perasaan samar-samar atau tekanan di telinga. Hal ini mungkin atau tidak dapat dikaitkan dengan beberapa gejala lain seperti penurunan pendengaran, tinnitus, vertigo, dll

Kondisi yang paling penting untuk dipertimbangkan dalam hal ini adalah neuroma akustik. Ini bukan penyebab paling umum dari kepenuhan telinga, tetapi yang paling penting karena itu adalah tumor yang mempengaruhi saraf yang menghubungkan telinga internal ke otak. Fitur lain dari neuroma akustik gangguan pendengaran unilateral, tinnitus unilateral dan ketidakseimbangan (vertigo). Tidak adanya gejala-gejala yang terkait tidak mengesampingkan kondisi ini. Kondisi lain yang penting untuk dipertimbangkan adalah cholesteatoma (kulit kista di telinga tengah). Kondisi ini biasanya juga memiliki debit telinga berbau busuk dengan kehilangan pendengaran dan vertigo. Cholesteatoma umumnya hanya memproduksi rasa kenyang dan tidak sakit di telinga.

Penyebab paling umum dari tekanan telinga tersebut mungkin gangguan pada fungsi normal dari tabung eustachian. Gangguan fungsi tuba estachius hasil tekanan negatif telinga tengah, yang menyebabkan perasaan penuh atau tekanan di telinga. telinga tengah ke dunia luar adalah melalui tabung eustachian. Pembukaan tabung Eustachio ketika kita menelan makanan, minuman atau air liur atau ketika kita menguap menyebabkan pemerataan dari tekanan antara telinga tengah dan lingkungan luar. Gangguan fungsi tabung ini dapat disebabkan oleh proses alergi atau infeksi mempengaruhi tabung eustachian. Infeksi saluran pernapasan bagian atas (tenggorokan, pilek) adalah penyebab umum dari disfungsi tabung eustachian.

Beberapa penyebab kurang umum lain dari tekanan telinga atau kepenuhan telinga adalah infeksi jamur pada telinga luar, sinusitis, penyakit Ménière (gangguan telinga bagian dalam yang menyebabkan gangguan pendengaran dan keseimbangan), jenis tertentu dari infeksi telinga tengah (otitis media serosa) dan cerumen impaksi di liang telinga. Kadang-kadang, penderitaan dari sendi rahang (temporomandibular joint) dapat mengakibatkan perasaan penuh atau tekanan di telinga.

3 comments:

  1. selain terapi dan pemeriksaan secara rutin, apakah sebetulnya untuk rasa sakit pada telinga itu sendiri memiliki obat khusus?
    karena selama ini penderita yg mengalami sakit pada telinga tidak tau obat apa yg paten untuk penyembuhan pada telinganya.

    ReplyDelete
  2. adakah penderita yang sembuh?? dimana mereka mencari pengobatannya?

    ReplyDelete
  3. tiba-tiba telinga saya sakit pagi ini, kalau diraba disekitar telinga ada sedikit benjolan, ahh. . Doakan aku ya, om
    thx infonya

    ReplyDelete